134.038 Anggota Grup Blogger Indonesia di Facebook, Berapa Anggota yang Aktif?


Bagaimana keadaan grup Blogger Indonesia di Facebook? Saya akan sedikit membahasnya disini. Saya telah membuat #Challenge yang mengharuskan anggota pada grup tersebut berkomentar "aktif" jika anggota tersebut masih aktif di grup tersebut.

Sebelumnya, saya ketahui ada dua grup blogger Indonesia yang mempunyai member lebih dari seratus ribu anggota. Meski kedua grup ini menggunakan nama yang sama, namun berbeda dari segi bentuk hurufnya. Grup pertama mengguankan font upercase atau huruf besar semua "BLOGGER INDONESIA" dengan 134.038 aggota dan yang satu lagi menggunakan font biasa "Blogger Indonesia" yang memiliki 105.246 anggota.



Dalam #Challenge yang saya buat, saya posting di grup blogger yang pertama. Dengan jumlah anggota yang sebanyak itu berapa anggota yang aktif? Hasilnya cukup mencengangkan, dari 134.038 anggota dengan #Challenge yang saya buat selama 24 jam setidaknya mendapatkan 304 tanggapan. Tangapan ini seperti like, love, senang dan lainnya dan mendapatkan setidaknya 252 komentar yang berarti menandakan dalam grup tersebut hanya memliki 235 anggota yang aktif. Ini masih perkiraan, dengan adanya kemungkinan yang tidak berkomentar.

Dari total 134.038 lalu berapa persen anggota yang aktif berdasarkan jumlah komentar? Hitungan sederhanya kurang lebuh seperti ini.

Jumlah anggota yang berkomentar dalam anggapan adalah anggota aktif.
253 : 134.038 x 100 = 0,18,8%

Jumlah anggota yang memberikan tanggapan.
307 : 134.038 x 100 = 0,22,9%

Nilainya sungguh mengejutkan, aggota aktif ternyata tidak mencapai 1 persen. Mungkin nilai yang didapat ini akan sama jika #Challenge dilakukan di grup blogger yang satunya, dan bisa ditaksir, nilainya tidak jauh berbeda.

Dengan data ini, bisa kita simpulkan jika kita share blog di grup jangan mengharap setengah dari jumlah anggota akan mengunjungi blog kita, karena memang tidak ada setengah anggota yang aktif.

Mengapa saya simpulkan seperti itu? Dan sebenarnya saya sudah sedikit mengetahui bahwa memang yang aktif di grup tersebut kurang dari satu persen. Mungkin Anda sering melihat saya berkomentar menggunakan tanda seperti ini "==> beringkas,com" di grup. Dengan lebih hampir satu minggu, saya mendapatkan bahwa pengunjung dari facebook hanya bekisar antara 20 sampai 36 visitor setiap hari dari total anggota aktif yang aktif yaitu 253 anggota dan ternyata perkiraan saya benar.

Jadi hitungan visitor yang mengunjungi website kita adalah sebagai berikut. Kita ambil jumlah visitor terbesar berdasarkan seluruh total anggota.

36 : 134.038 x 100 = 0,02%

Ini adalah sedikit pembahasan mengenai grup blogger Indonesia yang ada di facebook. Jika ada saran dan kritikan atau masukkan mengenai artikel ini. Saya sangat senang jika ada yang mau berkomentar.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Aktivasi Ulang Akun 4Shared yang Dinonaktifkan

Kumpulan Soal dan Jawaban Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika untuk Angkatan Kerja Muda 2018

Cara Isi Pulsa Menggunakan Tanya Veronika Aisten Virtual Telkomsel