Alasan Kamu Harus Memperkerjakan Programer yang Lebih Tua


Saya sudah banyak makan garam dari pada kamu.
Ungkapan diatas sepertinya memang benar, orang tua memang sudah tidak enerjik lagi, namun pengalamannya tentunya lebih hebat. Begitu pun ketika kamu harus memperkerjakan seorang programer yang lebih tua.

Programer dengan usia tua memang tidak akan bekerja berjam-jam seperti anak muda. Mereka memiliki anak dan istri. Mereka tidak akan duduk-duduk di kantor sambil bermain game Xbox. Mereka juga tidak akan bekerja 80 jam seminggu, dan mereka akan menggunakan waktu libur mereka. Namun bayaran untuk programer tua lebih mahal dari pada programer muda. Tapi meperkerjakan programer tua itu penting.

Pengalaman
Pemrogram lama mungkin tidak dapat menyimpan kode sebanyak itu di kepala kita seperti ketika kita berusia dua puluh lima tahun, namun kita memiliki pengalaman yang luar biasa. Kami tahu bahwa setiap sistem akan tumbuh menjadi lebih besar daripada yang bisa Anda pegang di kepala Anda - tidak peduli seberapa besar kepalamu - jadi kode memegang tidak sepenting yang mungkin Anda pikirkan. Sebagai gantinya, kita tahu bagaimana cara melakukan modularize. Kami adalah "programmer 10x" mitos; Bukan karena kita kode jauh lebih baik tapi karena kita sudah melihat semuanya. Kita bisa mengambil bahasa baru karena kita telah menggunakan banyak hal selama bertahun-tahun. Kita tahu fitur yang umum. Konsep bahasa mulai berkembang berulang kali. Dengan cukup banyak tahun di bawah ikat pinggang kita, kita bisa melihat kesamaan dan menyoroti perbedaannya.

Pengalaman
Programer tua mungkin tidak bisa menulis dan mengingat banyak kode dipikiran mereka. Berbeda dengan programer muda. Namun mereka memiliki pengalaman yang luar biasa. Memang sebuah sistem terus tumbuh dan bahasa pemograman terus berkembang. Namun dengan pengalaman yang mereka miliki dapat membantu perusahaan untuk memilih bahasa pemograman apa yang tepat, karena dengan umur mereka yang tidak muda lagi tentunya memiliki pengalam pada berbagai bahasa pemograman yang bisa diterapkan.

Pertimbangan
Sama halnya pengalaman, programer tua memiliki pertimbagan-pertimbangan apa yang harus dilakukan untuk membuat sistem berjalan lebih baik. Dari pada membuat sebuah kode yang panjang untuk membangaun sistem, mereka akan menyarankan untuk membuat bagaimana kode dapat dipangkas sehingga tidak ada kode yang sia-sia.

Pemahaman yang dalam
True knowledge comes with deep understanding of a topic and its inner workings.
—Albert Einstein
Programer tua memiliki pengetahuan yang mendalam di bidang tertentu. Pengetahuaan itu bisa membantu mereka mencari tahu bug dan bagaimana cara untuk menghilangkan atau menghindari bug.

Pengathuan yang luas
A small team of A+ employees can easily out perform larger teams of B and C employees.
— Steve Jobs
Kamu tidak harus memperkerjakan programer tua untuk membuat aplikasi. Namun gunakan pengatahuan mereka untuk membantu. Tentunya mereka sangat paham dan teleti mengeni alur sistem, bagaimana sistem itu bekerja dan nbagaimana sistem ini baik untuk dibuat. Gunakan pengalaman mereka untuk berdiskusi.

Kemampuan mengkomunikasikan
Siapapun yang masih menjadi programmer di usia 40an mereka harus mengembangkan beberapa kemampuan bagaimana kode bisa berkomunikasi dengan baik. API baru tidak ada artinya jika tidak bisa dikomunikasikan secara efektif kepada pengembang yang akan menggunakannya. Sebagian besar proyek perangkat lunak besar gagal bukan karena kode yang buruk, namun karena masalah pengkomunikasian kode.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Aktivasi Ulang Akun 4Shared yang Dinonaktifkan

Kumpulan Soal dan Jawaban Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika untuk Angkatan Kerja Muda 2018

Cara Isi Pulsa Menggunakan Tanya Veronika Aisten Virtual Telkomsel