Cara Mendesain Logo untuk Blogger dan WordPress


Sebuah logo merupakan hal penting untuk blog, baik itu dibuat dengan Blogspot atau cms blog seperti WordPress. Terlebih manusia lebih mudah mengingat sesuatu secara visual atau penglihatan. Karena itu membuat logo untuk website sangat penting untuk membuat orang langsung ingat kepada brand atau website kita.

Bagi kamu yang belum mendesain logo untuk website kamu, mulailah dari sekarang untuk membuatnya. Lalu bagaimana jika kamu tidak bisa membuatnya? Tenang masih ada cara. Salah satunya adalah menyuruh orang lain untuk mendesainkannya. Itu tidak gratis. Biasanya desaner mematok harga yang tinggi.

Tapi tenang, masih ada cara lain lagi. Dengan cara yang kedua ini, kamu hanya butuh jaringan internet untuk mendesainnya. Penasaran? Karena itu akan saya bahas disini. Baca terus artikel ini. Mau kan logo gratis.

Mengapa logo untuk sebuah website itu penting?

Logo itu mencerminkan apa website kamu. Logo merupakan bentuk mengenai website yang sedang kamu kelola.

Salah satu website agency desain yaitu DesignBuddy pernah memaparkan apa saja kesamaan dari logo website atau brand bisnis yang ada didunia. Ingat ya, website juga adalah tempat berbisnis untuk kita.

Lalu apa kesamaan yang ada di logo-logo tersebut?
  • 95% top brand dunia menggunakan 1 atau 2 warna.
  • 41% dari brand menggunakan tipe stylized sebagai logo mereka.
  • 93% dibuat simple. Jadi ketika digunakan dalam ukuran kecil pun orang-orang tetap akan tahu.
Ada beberapa aturan design yang perlu diperhatikan sebelum kamu mulai membuat logo. Berikut ini ada tips yang diambil dari Creative Bloq untuk kamu :
  • Sebuah logo harus simple. Design logo yang simple akan lebih fleksibel dan efektif.
  • Sebuah logo harus memorable. Ketika sebuah logo itu simple, ini akan membantu orang untuk mengingatnya.
  • Sebuah logo harus abadi. Logo yang efektif biasanya akan bertahan ketika diuji oleh waktu. Entah 10, 20 tahun ke depan, logo itu tetap ada dan diingat.
  • Sebuah logo harus felksibel. Harus bisa dipakai dan bekerja di berbagai media dan aplikasi.
  • Sebuah logo harus sesuai. Bagaimana Anda memposisikan logo harus sesuai untuk tujuan.
  • Kesalahan umum yang perlu dihindari ketika Anda membuat logo brand
Untuk membuat sebuah logo yang bagus, kamu juga perlu menghindari kesalahan umum yang sering terjadi ketika mendesign logo :
  • Hindari untuk menggunakan clip art yang tidak menarik.
  • Jangan membuat logo Anda terlalu rumit.
  • Pastikan kalau logo tetap terlihat bagus dalam warna hitam dan putih.
Lalu utnuk mendesain logo gratis yang disampaikan tadi bagaimana? Ya ada beberapa tool yang bisa digunakan di internet sebagai alat untuk kamu mendesain logo. Dibawah ini adalah logo maker pilihan yang bisa kamu gunakan.

1. Hatchful

Hatchful adalah aplikasi mobile untuk iOs dan Android. Caranya tinggak masukan tentang website kamu lalu logo maker akan memunculkan ratusan contoh logo. Sesuaikan warna dan font. Lalu download deh logo yang ingin kamu gunakan.

2. Logojoy

Proses pembuatan logo akan menjadi lebih mudah dengan Logojoy. Caranya tetap sama, masukkan deksripsi atau judul blog kamu dan aplikasi akan memunculkan saran logo.

3. Logo Maker by Ucraft

Merupakan aplikasi gratis apakan kamu bisa secara kreatif membuat logo brand untuk bisnis dengan bantuan dari berbagai font, icon dan shape. Setelah itu kamu bisa masukkan hasil desain ke dalam format PNG dan kalau format SVG, akan dikenakan biaya sekitar $12.

4. GraphicSprings

Dengan GraphicSprings kamu bisa menciptakan logo yang keren. Karena logo creator yang satu ini, sama kuatnya seperti memiliki tools editing gambar di komputer. Salah satu fitur yang mereka miliki adalah kemampuan untuk membagi tipe logo. Kamu juga bisa menghire salah satu orang dari tim mereka untuk menciptakan logo jika tidak merasa puas dengan logo creator mereka. Tapi kamu harus mengeluarkan dana sekitar $19.99 untuk menyimpan file designnya.

5. Logoshi

Logoshi akan menghasilkan logo berdasarkan input dari kamu. Jika tidak puas juga dengan hasilnya, kamu bisa mengkustom logo tersebut. Kamu hanya dituntut membuat gambaran kasar, kamu ingin logonya terlihat seperti apa dan kemudian masukkan nama toko website Secara otomatis Logoshi akan menciptakan logo dalam beberapa detik.

Nah, bagi yang kesulitan dalam menemukan inspirasi dalam membuat logo berikut ini ada berbagai source yang bisa membantu : Dribbble, Logopond, Logo Faves, Logospire, LogoMoose.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Aktivasi Ulang Akun 4Shared yang Dinonaktifkan

Kumpulan Soal dan Jawaban Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI Bidang Informatika untuk Angkatan Kerja Muda 2018

Cara Isi Pulsa Menggunakan Tanya Veronika Aisten Virtual Telkomsel